kursus bahasa inggris cepat
Garansi Uang Kembali 100%

Cara Copy Paste Artikel Yang Baik


 Selamat malam kawan-kawan.... wah seharian ini saya  di sibukan oleh aktifitas yang lain sehingga saya lupa untuk posting artikel. Jadi malam ini saya harus kejar target nih,
Sesuai judul postingan saya, saya akan berbagi sedikit tips cara copy paste artikel yang baik dan yang benar.
Banyak para blogger pada awal-awal membuat blog mereka mengisi kontennya hanya dengan copy paste, ya karena emang itulah cara yang termudah. Hal seperti ini juga pernah saya lakukan dulu ketika saya pertama membuat blog, maklumlah dari pada blognya ga ada isi sama sekali lebih baik di isi walaupun itu isinya copy paste semua,,, he..ehe..... :-)
Oke kalau begitu kembali ke pembahasan, yaitu bagaimana sih cara copy paste yang baik tu???
Copy paste biasanya di singkat juga "copas", dalam hal copas untuk mengetahui cara yang baik adalah kita harus mengetahui dulu apa rumusnya. Ya jika kita tau rumus yang benar maka pekerjaan copy paste menjadi hal yang mengasyikan.
Oke kalau begitu apa rumusnya?
Menurut Mardjuki, seorang penulis kreatif yang namanya cukup di kenal di kalangan penulis dan jurnalis Jogja.
Rumusnya adalah "3N".
Lalu apa artinya 3N itu?
Oke di sini saya akan mejabarkannya dengan bahasa saya sendiri dan sesuai dengan apa yang di berikan oleh Mardjuki.
3N adalah singkatan dari: Niteni, Nirokke, Nambahi.
Lalu apa artinya? Jika anda orang jawa pasti sudah tau artinya, Niteni (Mengamati) maksudnya bahwa untuk melakukan copas anda harus menjadi pengamat yang baik, tidak susah kok menjadi pengamat yang baik, caranya dengan membaca sebuah artikel dan pahami arti dari isi artikel tersebut dan catat poin-poin yang penting. Nah jika rumus pertama sudah di lakukan lalu rumus yang berikutnya adalah "Nirokke(Menirukan)", ya menirukan artinya bahwa setelah anda berhasil mengambil point-point pentingnya lalu tirukan apa yang disampaikan di artikel tersebut dengan menulisnya kembali.
Lalu apakah cukup sampai situ saja? tunggu dulu masih ada rumus yang ke tiga yaitu "Nambahi(Menambahkan)" maksudnya adalah setelah anda menulis kembali artikel tersebut lalu anda perlu menambahkan sesuatu, sesuatu tersebut bisa berupa pemilihan perspektif, cara penyampaian atau gaya bahasa, maksudnya adalah anda harus menambahkan tulisan tersebut dengan gaya bahasa anda sendiri dan membuat cara penyampaiannya berbeda dengan artikel yang anda baca. Intinya tema boleh sama tapi penyampainnya yang berbeda, oke...!
Itulah tadi ke tiga rumus yang di paparkan oleh Mardjuki, dengan menggunakan rumus diatas pekerjaan copy paste anda menjadi lebih menyenangkan dan pastinya original karena andalah yang langsung membuat idenya...
Oke kalau gitu sampai sini dulu tulisan saya malam ini tentang cara copy paste artikel yang baik, semoga kawan-kawan bisa langsung mempraktekan apa yang sudah saya jabarkan di atas dan bermanfaat.
Untuk kawan-kawan yang mungkin ada tambahan atau saran mengenai penjabaran diatas silahkan komentar di bawah halaman postingan ini, karena saya adalah manusia biasa yang terkadang juga bisa salah  :-)

Mau Cari Jodoh...??

Comments
5 Comments

Comments :

5 komentar to “Cara Copy Paste Artikel Yang Baik”
gitaci mengatakan...
on 

saya setuju mas bro,, buat temen2 yang susah cari ide untuk posting,, bisa sering2 baca koran atau, bisa dari buku apa yang kita sukai dll,, intinya cari ciri khas tulisan kita sendiri walau hasil copas, jika kita bisa membuat artikel tsb lebih baik knp tidak, hehehehe...
salam sukses mas sidik,, tetap berkarya dan selalu semangat...

blogshidik mengatakan...
on 

Oke mas, terimakasih atas tambahan anda...
Salam blogger...!

blogging mengatakan...
on 

mas, hak cipta merupakan problem utama seorang blogger. o ya, sebelumnya saya ucapkan terimakasih atas apa yang mas sampaikan di atas. memang saya pernah melakukan hal yang seperti mas sebutkan di atas setelah saya mengetahui bahwa copas sangat tidak baik untuk sebuah blog di google search. Jadi sebelumnya juga sering copas murni, tanpa kurang satu koma, satu titik. :-)
Nah setelah mencopas dengan 3N tadi, katakanlah beres, kita tidak melanggar hak cipta, bagaimana kita kalau ingin memuat gambar. untuk blogger yang mengisi waktu luang dengan berblogging, tentu tidak harus mencari gambar di luar sana layaknya seorang wartawan. apakah kita cukup mengedit gambar yang kita copas misalnya dengan memberi setitik tahi lalat pada sebuah foto yang kita ambil dari web katakanlah media elektronik? dan bagaimana caranya kita bisa mengetahui kalau artikel atau gambar tersebut memiliki hak cipta. terimakasih.

blogshidik mengatakan...
on 

Terimakasih atas pertanyaannya...
Klo menurut saya klo gambar itu banyak yang tidak ada @copyrightnya, kecuali tuk gambar photo orang kita mesti hati2 klo mau publish. Kalaupun toh gambar itu emang ada @copyrightnya kita bisa taruh link sumbernya. dan utk dimata google juga tidak masalah aslkan title dan tagnya diganti.

Endang Budiman mengatakan...
on 

thx mas ide yang bagus, soalnya saya baru belajar membuat blog mas.blog saya jg masih acak acakan. klw sempat mampir ke blog saya mas, http:// astradjingga23.blogspot .com, dan ajari saya mas supaya blog saya jadi bagus

Komentar Anda Sangat Berarti Bagi Saya

Berkomentarlah dengan bijak yang sesuai dengan pembahasan di atas....

Ada kesalahan di dalam gadget ini