kursus bahasa inggris cepat
Garansi Uang Kembali 100%

Mencegah Komputer Dari Serangan Virus


Virus adalah salah satu ancaman kita dalam kemanan computer, ya karena virus sangat menggangu aktivitas kita dalam kegiatan komputerisasi. Bagaimana tidak menggangu?, virus bisa membuat loading computer kita menjadi lambat dan yang lebih bahayanya virus bisa membuat data-data kita hilang.Oke kalau begitu langsung saja saya akan membahas bagaimana Cara  agar komputer  tidak terkena  virus
Inilah beberapa caranya:






      1Gunakan antivirus yang original
Maksudnya original di sini bukan berarti kita harus membeli antivirusnya, banyak layanan antivirus yang menyediakan antivirus yang free tetapi masih tetap original,cara untuk mendapatkan antivirus yang original anda dapat mendownloadnya di situs resmi antivirus tersebut,  di sini saya anjurkan memakai antivirus  avira. Silahkan download disitus resminya yaitu:
 2. Selalu Update antivirus
Walaupun terkadang update antivirus itu tidak sepenuhnya baik, lebih baik anda harus mengupdatenya secara berkala. Karena kita tidak tahu perkembangan  virus di luaran sana, jadi dengan mengupdate antivirus secara berkala antivirus anda secara otomatis akan mendeteksi jika ada virus baru. Saya sarankan paling tidak anda mengupdate antivirus 1 bulan sekali.
3.  Selalu scan dahulu perangkat keras yang di hubungkan dengan computer sebelum membukanya
Ya ini adalah salah satu dan yang paling besar peluang virus untuk menyerang computer anda. Saya contohkan di sini yang paling sering orang lakukan adalah menghubungkan plasdis, ya lewat plasdis lah virus itu dapat menyebar. Dan jangan sekali-kali anda mencoba membuka salah satu data/folder di dalam plasdis sebelum anda menscannnya,kita tidak tahu apakah plasdis itu terindikasi virus atau tidak, yang  ditakutkan jika plasdis tersebut  banyak menyimpan virus maka itu dapat secara cepat menyebar ke computer anda jika anda langsung membukanya tanpa mescan terlebih dahulu. Jadi ingatkanlah cara ini,karena jika anda lupa sedikitpun maka akibatnya bisa fatal untuk computer anda.
4. Selalu scan file yang baru saja didownload lewat internet.
Walupun tidak semua data dari internet membawa virus ada baiknya anda menscannya terlebih dahulu sebelum membuka data tersebut
5. Selalu scan seluruh data yang di C maupun D secara berkala
Kita tidak tahu kapan virus itu masuk dan virus masuk tidak selalu lewat plasdis ataupun file yang di download dari internet. Bisa saja virus itu masuk saat anda browsing internet dan anda membuka situs yang terindikasi virus. Jadi lakukanlah scan secara berkala sama halnya dengan melakukan update secara berkala. Jika anda terlalu sering browsing internet maka saya anjurkan scanlah 1 minggu sekali. Karena peluang virus untuk masuk ke computer lebih besar jika anda sering melakukan aktifitas internet.
6.  Gunakan deepfreeze
Cara yang terakhir yaitu gunakanlah software deepfreeze, fungsi dari software ini adalah mengunci/ membekukan data yang ada di suatu Local C atau D (tergantung  yang mana yang di kunci). Jadi jika anda menggunakan software ini maka data yang ada tidak akan hilang ataupun berkembang, maksdunya di sini saya contohkan jika anda menyimpan data ataupun mengisntal program baru di Local disk yang di kunci, maka data yang anda simpan ataupun program yang anda install akan hilang saat computer sudah di matikan.
Kelemahan dari software ini adalah jika anda lupa menyimpan data ataupun salah menempatkan data tersebut pada local disk yang di kunci maka resikonya anda akan kehilangan data yang anda simpan tersebut. Dan kelebihan dari software ini  yaitu computer anda tidak akan kemasukan virus dan anda tidak harus  selalu melakukan cara no 3 sampai no5 secara berkala.
Cara-cara diatas sudah saya praktekan dan cara yang efektif dan yang saya pakai sampai sekarang adalah cara yang  terakhir, karena itulah cara yang simple. Tetapi semua itu tergantung dari yang melakukannya, jika anda lebih senang melakukan cara no.1 sampai terakhir ya itu tidak masalah,bahkan lebih bagus.
Okelah kalau begitu itulah  salah satu tips dari saya tentang computer yaitu Cara  agar komputer  tidak terkena  virus, dan mungkin menurut anda  cara di atas ada yang salah atau kurang, maka dari itu berilah masukan ataupun saran agar saya bisa lebih baik lagi dalam memposting artikel-artikel lainnya. Oke kalau begitu silahkan tinggalkan komentar anda di bawah.

Mau Cari Jodoh...??

Comments
0 Comments

Comments :

0 komentar to “Mencegah Komputer Dari Serangan Virus”

Komentar Anda Sangat Berarti Bagi Saya

Berkomentarlah dengan bijak yang sesuai dengan pembahasan di atas....